Sabtu, 18 Maret 2017

Tugas 2 Etika Profesi

Organisasi profesi beserta kode etik bidang teknik industri regional maupun global:
1.        E-Mailing list Group Komunitas Teknik Industri Indonesia (KTII)
Grup milis ini adalah wadah terhimpunnya komunitas profesi Teknik Industri dan merupakan wahana dan media komunikasi, diskusi dan silaturahmi. KTII dibentuk oleh 3 pilar organisasi profesi dengan latar belakang Teknik Industri yaitu BKTI-PII (Badan KeJuruan Teknik Industri – Persatuan Insinyur Indonesia), BKSTI (Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri) dan ISTMI (Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri), bertujuan untk membangun dan mengembangkan keprofesian di bidang Teknik Industri.
Dalam melaksanakan program program KTII, 3 anggotanya, yaitu BKTI-PII, BKSTI dan ISTMI telah menandatangani Kesepahaman Bersama (MOU) pada tanggal 8 Juni 2014 untuk menyepakati kerjasama secara sinergis di 9 Program Utama sebagai berikut:
1. Pelatihan Dasar Insinyur Profesional untuk Perguruan Tinggi dan Umum
2. Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Teknik Industri
3. Pemberdayaan UKM
4. Sertifikasi Insinyur Profesional
5. Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
6. Seminar Penguatan Struktur Industri Nasional
7. Pengembangan Data Base Insinyur dan Bidang Pengabdian Teknik Industri
8. Penerbitan Jurnal Teknik Industri
9. International Conference on Resources Based Industries.
2.        American Society of Mechanical Engineering (ASME)
American Society of Mechanical Engineers (ASME) merupakan sebuah organisasi standar, penelitian dan pengembangan organisasi, penyedia pelatihan dan pendidikan, dan sebuah organisasi nirlaba. Didirikan sebagai sebuah masyarakat rekayasa berfokus pada teknik mesin di Amerika Utara, ASME saat ini multidisiplin dan global.
ASME didirikan pada tahun 1880 oleh Alexander Lyman Holley, Henry Rossiter Worthington, John Edison Manis dan Matthias N. Forney dalam menanggapi berbagai uap kegagalan tekanan pembuluh boiler. Dikenal untuk menetapkan kode dan standar untuk perangkat mekanik, ASME melakukan salah satu operasi penerbitan teknis terbesar di dunia, memegang berbagai konferensi teknis dan ratusan program pengembangan profesional setiap tahun, dan sponsor berbagai penjangkauan dan program pendidikan.
ASME adalah salah satu yang tertua organisasi standar berkembang di Amerika. Ini menghasilkan sekitar 600 kode dan standar yang mencakup berbagai bidang teknis, seperti pengencang, perlengkapan pipa, lift, pipa, dan sistem pembangkit listrik dan komponen. standar ASME ini dikembangkan oleh komite ahli materi pelajaran dengan menggunakan proses yang terbuka, berdasarkan konsensus. Banyak standar ASME dikutip oleh instansi pemerintah sebagai alat untuk memenuhi tujuan peraturan mereka. standar ASME karena itu sukarela, kecuali standar telah dimasukkan ke dalam kontrak bisnis yang mengikat secara hukum atau dimasukkan ke dalam peraturan ditegakkan oleh yurisdiksi otoritas memiliki, seperti, negara, atau lembaga pemerintah daerah federal. standar ASME ini digunakan di lebih dari 100 negara dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.
3.        Institute Of Industrial & Systems Engineers (IISE)
Institute Of Industrial & Systems Engineers, didirikan pada tahun 1948, membantu anggotanya meningkatkan organisasi yang kompleks di seluruh dunia dan di seluruh industri. Sepanjang karir mereka, anggota beralih ke IISE alat bantu dan koneksi yang memberikan perspektif yang terintegrasi dan sistemik untuk tantangan bisnis. Memecahkan masalah kompleks adalah tujuan kita bersama. IISE, masyarakat profesional terbesar di dunia yang didedikasikan sepenuhnya untuk mendukung profesi, adalah, asosiasi nirlaba internasional yang menyediakan kepemimpinan untuk aplikasi, pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan teknik industri dan sistem.
Industri dan sistem rekayasa berkaitan dengan desain, perbaikan dan instalasi sistem terintegrasi orang, material, informasi, peralatan dan energi. Hal ini berdasarkan pengetahuan khusus dan keterampilan dalam ilmu matematika, fisika, dan sosial bersama dengan prinsip-prinsip dan metode analisis rekayasa dan desain, untuk menentukan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan diperoleh dari sistem tersebut. IISE diakui secara internasional sebagai:
ü  Penyedia terkemuka melanjutkan pendidikan mutakhir di bidang teknik industri.
ü  Sumber mengakui informasi peningkatan produktivitas melalui internet, publikasi, dan acara live, termasuk konferensi tahunan, konferensi topikal, dan seminar teknis.
ü  Sebuah sumber yang tak ternilai dari manfaat anggota yang mencakup sebuah majalah, program pengembangan profesional, pusat karir online, komunitas jaringan, bab, dan program afinitas yang menghemat waktu anggota dan uang.
ü  Satu-satunya asosiasi yang mendukung profesi teknik industri dan mempromosikan kesadaran peningkatan nilai insinyur industri.
ü  Satu-satunya asosiasi yang mendukung program teknik industri terakreditasi melalui ABET Inc.
4.        Persatuan Insinyur Indonesia (PII)
PII didirikan pada tanggal 23 Mei 1952 dibandung, yang dididrikan oleh Ir. Djuanda Kartawidjaja dan Dr. Rooseno Soeryohadikoesoemo. Kode etik pada PII diantaranya:
CATUR KARSA, PRINSIP-PRINSIP DASAR
ü Mengutamakan keluhuran budi.
ü Menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk kepentingan kesejahteraan umat manusia.
ü Bekerja secara sungguh-sungguh untuk kepentingan masyarakat, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
ü Meningkatkan kompetensi dan martabat berdasarkan keahlian profesional keinsinyuran.
WARNA
Warna dasar diambil orange, yaitu suatu warna yang diperoleh dari warna merah dan kuning, sehingga efeknya adalah lebih terang dari merah, tetapi lebih lembut dari kuning. Orange terletak di daerah setengah terang, sedangkan putih terletak di daerah terang sekali, sehingga kombinasi orange dengan putih pada lingkaran luar menghasilkan warna yang kontras tetapi tetapi tetap lembut.
Untuk memberikan kontras kepada kedua kombinasi itu, maka warna hitam dimunculkan, sehingga secara keseluruhan tercapailah kombinasi warna yang harmonis. Dilihat dari pemaknaan warna, maka putih berarti suci atau keluhuran budi. Kombinasi warna tersebut melambangkan dinamika PII dengan keluhuran budi dan penuh kepercayaan dalam berkarya.
FILOSOFI
Ditinjau secara keseluruhan, maka kombinasi bentuk dan warna di atas mencapai keseimbangan yang harmonis, dan merupakan suatu komposisi bentuk dan warna yang seimbang, yang senantiasa dapat diletakkan di atas latar belakang dengan warna apapun tanpa mengurangi nilai dan artinya. Tafsiran secara lebih luas, bahwa PII berdiri teguh di atas kaki sendiri, berbakti untuk kemajuan bangsa Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak terpengaruh oleh sesuatu aliran politik, dan memberi kontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat
5.        Acreditation Board of Engineering and Technology (ABET)
ABET adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk memantau, menilai, dan mensertifikasi kualitas pendidikan di bidang ilmu terapan, komputasi, rekayasa dan teknologi di USA. Dengan adanya Washington Accord, yang saat ini telah disepakati oleh 14 negara, maka ABET juga dipercaya untuk memberikan penilaian akreditasi secara internasional. Pada tahun 1985, lembaga ini mengemukakan serta mempublikasikan kode etik insiyur mengenai prinsip etika profesi dasar ketehnikan, yaitu:
ü Seorang insinyur dapat memajukan integritas dan menegakan kehormatan dan martabat tingkat profesi dengan menggunakan keterampilan untuk peningkatan kesejahteraan manusia.
ü Menjadikan pribadi jujur dan bersifat adil, melayani dengan kesetian masyarakat, pengusaha dan klien.
ü Bekerja keras dan berusaha meningkatkan kemampuan kompetensi dari tingkat profesi.
ü Mendukung masyarakat professional dan teknis dari disiplin mereka.

Referensi:
pengantarteknologiinformasi.edublogs.org

0 komentar:

Posting Komentar