Minggu, 06 November 2016

TUGAS KEWIRAUSAHAAN - BENTUK PEMASARAN

BENTUK-BENTUK PEMASARAN
1.    Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama. Di dalam pemasaran langsung biasanya menggunakan saluran – saluran langsung ke konsumen (Consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Pemasaran langsung merupakan salah satu cara yang tumbuh paling pesat untuk melayani pelanggan. Saat ini terdapat banyak pemasar langsung menggunakan pemasaran langsung untuk membina hubungan jangka pendek dengan pelanggan.. mereka mengirim kartu ulang tahun, bahan – bahan informasi, atau bingkisan kecil bagi pelanggan tertentu. Para pemasar melakukan pemasaran langsung untuk meningkatkan produktivitas satuan penjualan. Selain itu perusahaan juga berupaya untuk menggantikan unit – unit penjualan berbasis pos dan telepon untuk mengurangi biaya penjualan lapangan.
o  Bentuk-Bentuk Pemasaran Langsung
Didalam pemasaran langsung dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu seperti:
-          Pemasaran tatap muka.
-          Pemasaran jarak jauh,
-          Pemasaran melalui surat langsung (faks, e-mail, voice mail),
-  Pemasaran melalui catalog (merupakan pemasaran langsung melalui catalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan (disediakan di took dan dipresentasikan secara online)),
-          Pemasaran melalui televise yang menghasilkan tanggapan langsung.ü
o  Saluran-Saluran dalam Pemasaran Langsung
Di dalam pemasaran langsung terdapat saluran-saluran yang digunakan untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa yang dijual oleh pemasar kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran-saluran ini mencakup:
-          Surat Langsung
Pemasaran surat langsung adalah pengiriman tawaran, pemberitahuan, alat pengingat, atau sesuatu yang lain kepada seseorang. Dengan menggunakan daftar alamat surat yang sangatselektif, pemasar langsung mengirimkan jutaan paket pos setiap tahun, surat, selebaran, brosur dan wiraniaga terbang lainnya. Beberapa pemasar langsung mengirimkan kaset audio, kaset video, cd, dan bahkan disket computer kepada calon dan pelanggan.
-          Pemasaran Katalog
Dalam pemasaran catalog, perusahaan-perusahaan mungkin akan mengirimkan catalog dagangan lini lengkap, catalog konsumen untuk barang khusus, dan catalog bisnis, biasanya dalam bentuk cetakan tetapi juga kadang-kadang CD, video, atau secara online. Keberhasilan bisnis catalog bergantung pada kemampuan perusahaan tersebut mengelola daftar piutang macet, mengendalikan persediaan dengan hati-hati, menawarkan barang dagangan yang bermutu, dan memproyeksikan citra yang jelas.
-          Telemarketing
Telemarketing adalah penggunaan telepon dan pusat layanan telepon
(call center) untuk menarik calon pelanggan, menjual kepada pelanggan yang sudah ada, dan menyediakan layanan dengan menerima pesanan dan menjawab pertanyaan. Telemarketing membantu perusahaan – perusahaan menaikan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Terdapat empat jenis telemarketing, seperti:
a.    Tele-penjualan (telesales),
b.    Tele-jangkauan (telecoverage),
c.    Teleprospekting (teleprospecting),
d.   Layanan pelanggan dan dukungan teknis.
e.    Manfaat Pemasaran Langsung.
2.    Multi level marketing
Strategi multi level marketing (MLM) adalah suatu cara atau metode yang dirancang oleh perusahaan untuk menawarkan suatu produk dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, dengan jalan melaksanakan penjualan secara langsung kepada konsumen melalui suatu jaringan yang dikembangkan oleh para distributor lepas. MLM disebut juga dengan network marketing, yang intinya adalah membentuk jaringan bisnis atau pemasaran dan membagi-bagi keuntungan bersama (“Surya”, 1994: 7). Perusahaan yang menggunakan strategi MLM akan mendistribusikan produk-produknya melalui sebuah jaringan yang terdiri dari para pelaku bisnis independent di seluruh dunia secara bebas (Valentine, 2003).
Tugas utama para distributor perusahaan MLM relatif sederhana yaitu menjual produk secara langsung kepada konsumen dan mencari teman atau anggota baru agar ikut bergabung dan bersedia memasarkan produk-produk perusahaan. Untuk dapat meraih kesuksesan dalam sistem ini setiap distributor harus bekerja keras menjual produk-produk perusahaan kepada konsumen dan mencari mitra kerja untuk melakukan hal yang sama sebanyak-banyaknya, sehingga mempunyai jaringan yang luas. Sistem kerja pada multi level marketing diantaranya:
o  Sistem Reseller, Pasti Anda sudah mengenal sistem reseller karena telah banyak digunakan para pebisnis online dalam menjual produknya. Apabila ada orang yang membeli suatu produk atau bergabung melalui referensi Anda (melalui website replika yang di dapatkan), akan mendapatkan bonus komisi penjualan, biasanya 50% dari harga produk.
o  Sistem Random, Sistem Random biasa digunakan oleh Program Bisnis Online Investasi, Bisnis Gratis yang mengandalkan pasif income lewat jaringan (downline), dan lain-lain. Ketika ada pengunjung pada suatu website tanpa sponsor, sistem akan memilih member secara acak untuk dijadikan sponsor pengunjung tersebut. Apabila pengunjung tersebut bergabung, sponsor yang dipilih secara acak tersebut akan mendapatkan komisi/bonus.
o  Sistem Matrix, Sistem matrix adalah sistem yang berbentuk segitiga. Sistem Matrix memungkinkan seorang member memperoleh pasif income hingga kedalaman tertentu dengan variasi bonus atau komisi tidak sama antara tiap kedalaman (biasanya semakin dalam semakin berkurang jumlah komisinya). Sistem Matrix 2x16 artinya seorang member hanya bisa memperoleh 2 orang downline pada Level 1 dan seterusnya hingga kelipatan 2n dan masih bisa memperoleh bonus atau komisi hingga level 16. Jika seorang member berhasil memperoleh downline > 2, maka sisanya akan dilimpahkan ke downline dibawahnya. Kelemahan system ini adalah hanya menguntungkan member di atasnya yang terlebih dahulu mengikuti program bisnis tersebut pada saat program bisnis tersebut dilaunching. 
o  Sistem Water Flow Spill Over (WFSO), Ketika mengikuti sebuah program Bisnis dengan Matrix 3x4, berarti ada 3 downline yang harus penuhi kuotanya. Jika memperoleh lebih dari 3 downline, maka sisanya akan dilimpahkan ke level 2 atau kepada member anda (downline) yang belum terpenuhi kuotanya (3 downline). Metode Spill Over sangat menguntungkan bagi para dwonline yang kurang rajin dalam melakukan promosi.
o  Sistem Water Flow Rotation (WFR), Ketika mengikuti suatu program bisnis dengan Matrix 3x3, maka apabila matriks tersebut telah terpenuhi semua kuotanya (3 Downline dengan kedalaman 3 Level), maka secara otomatis posisi akan ditempatkan di bawah member lain yang kotanya masih kosong (belum penuh). Keuntungan system WFR ini adalah tidak perlu membayar (mengupgrade) lagi untuk jaringan baru apabila kuota Matrix 3x3 terpenuhi semuanya. Namun kelemahannya, perlu melakukan rekruitmen baru untuk memenuhi kuota Matrix yang baru.
o  Sistem Water Flow Network System (WFN), Sistem ini adalah yang paling baru dan inovatif di Bisnis Internet. Sistem WFN tidak menggunakan system Matrix. Hal tersebut sangat menguntungkan Anda karena komisi yang diperoleh sebesar 50% dan bisa diperoleh tanpa batas. Sistem WFN memungkinkan seorang member untuk mendapatkan downline meskipun tanpa melakukan promosi sedikitpun. Sistem WFN secara otomatis akan memberikan downline kepada member yang tidak atau sedikit memiliki downline dengan kondisi sebagai berikut:
-       Paling sedikit jumlah Kandidatnya
-       Paling sedikit jumlah komisinya
-       Telah melakukan registrasi paling lama

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI BENTUK-BENTUK PEMASARAN
1.    Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung memberikan manfaat bagi pelanggan dalam banyak hal seperti :
o  Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
o  Menghemat waktu,
o  Pemilihan barang dagangan yang lebih banyak,
o  Dapat melakukan perbandingan dengan melihat-lihat catalog surat dan layanan belanja online.
o  Dapat memesan barang dengan mudah
o  Interaktif dan segera.
Pemasaran langsung juga memberikan manfaan untuk penjual seperti:
o  Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi,
o  Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang paling tepat.
o  Medium global,
o  Fleksibel,
o  Pemasar langsung dapat membeli daftar alamat surat yang memuat nama-nama hampir semua kelompok (orang kidal, orang yang kegemukan, serta jutawan),
o  Dapat membina hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan,
o  Dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan.

Masalah Umum dan Masalah Etika Dalam Pemasaran Langsung. Dalam pemasaran langsung biasanya pemasaran langsung dan pelanggannya menikmati hubungan yang saling menguntungkan. Namun kadang-kadang terjadi beberapa masalah, seperti:
o  Gangguan, banyak orang tidak senang dengan peningkatan jumlah permintaan pemasaran langsung yang agresif. Yang paling mengganggu adalah telepon pada saat waktu yang tidak tepat. Contohnya seperti pada saat makan malam, atau dengan telepon yang terkomputerisasi yang ditempatkan pada pesawat rekaman pesan otomatis.ü
o  Ketidakadilan, beberapa pemasaran langsung memanfaatkan pembeli yang ceroboh atau kurang canggih. Acara-acara belanja di tv dan infomersial mungkin merupakan biang keladi yang paling jahat dengan pembawa acara yang lancar berbicara dan klaim potongan harga yang drastis.ü
o  Penipuan dan kecurangan, beberapa pemasar langsung merancang surat dan menulis naskah yang dimaksudkan untuk menyesatkan pembeli. Mereka mungkin melebih-lebihkan ukuran produk, pengakuan kinerja, atau harga ecerannya.ü
o  Pelanggaran kerahasiaan pribadi, tampaknya setiap kali konsumen memesan produk melalui surat atau telepon, mengikuti undian, melakukan permohonan kartu kredit, mungkin nama, alamat dan prilaku pembelian mereka dimasukan kedalam beberapa basis data perusahaan.
2.    Multi level marketing
Tidak semua bisnis itu sepenuhnya baik atau sepenuhnya buruk. Setiap bisnis selalu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bisnis MLM juga tidak berbeda. Ada berbagai manfaat yang bisa dinikmati anggota MLM jika mereka bergabung dalam bisinis ini.
Kelebihan Bisnis MLM
o  Proses Mudah dan Cepat, jika ingin bergabung ke dalam bisnis MLM ini, tidak perlu membuang-buang banyak waktu. Tinggal membayar biaya pendaftaran (keanggotaan) yang nominalnya sudah ditentukan. Biaya itu juga berlaku seumur hidup, sehingga Anda hanya perlu bayar sekali saja. Selain itu, juga diwajibkan untuk belanja produk tertentu yang sudah ditetapkan juga. Namun, ada berberapa MLM yang hanya mewajibkan anggotanya membayar biaya keanggotaan tanpa membeli produk.
o  Produk Unik dan Langka, jika mengamati brosur produk yang ditawarkan MLM tertentu, sebagian besar produk itu tidak bisa ditemukan di tempat lain. Produk yang dijual memang benar-benar unik dan menarik. Sebagian besar produk MLM adalah obat herbal atau produk lain yang menunjang kesehatan.
o  Mudah Menjalankan Bisnis, Sekali bergabung dalam bisnis ini, hanya tinggal mencari downline baru dengan melakukan presentasi. Setiap presentasi hanya butuh waktu sekian jam. Kegiatan ini tentunya tidak akan membuang waktu sehingga bisnis MLM memang bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan. Tugas utama hanya mencari downline.
o  Anggota MLM Biasanya Bermotivasi Tinggi, jika pernah bertemu dengan pebisnis MLM, mungkin menemukan perbedaan dalam cara berbicara, berpikir, dan bertingkah laku. Anggota MLM biasanya selalu antusias menawarkan sistem bisnis mereka. Bahkan, mereka bisa saja mengoceh sampai mulutnya berbusa. Mereka selalu menawarkan janji-janji dan impian yang bisa diraih selama mengikuti bisnis MLM. Bahkan, mereka selalu mengatakannya dengan penuh percaya diri.

Kekurangan Bisnis MLM
o  Produk MLM Mahal, pernahkah membandingkan produk yang ditawarkan MLM tertentu dengan produk yang dijual bebas di pasaran. Harganya tentu berbeda jauh. Kebanyakan produk MLM dipatok dengan harga yang bisa menguras isi kantong dengan cepat. Harga tersebut belum tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Sebagian besar produk MLM adalah produk penunjang kesehatan. Namun, banyak orang tidak merasa kesehatannya membaik setelah mengkonsumsi produk tersebut. Inilah yang membuat kualitasnya dipertanyakan.
o  Downline Selalu Dimanfaatkan Upline, jika masih belum mempunyai downline dalam bisnis MLM, sudah pasti hanya akan menderita tanpa mendapatkan keuntungan apapun. Upline bisa mendapatkan keuntungan dari downline. Dengan kata lain, upline memanfaatkan downline. Keuntungan yang didapatkan upline berasal dari downline. Jika tidak bisa mendapatkan downline (korban baru), hanya akan menjadi keset.
o  MLM = Multi Lie Marketing, MLM selalu menawarkan janji muluk dan bonus menarik kepada anggotanya jika mereka bisa mencapai level tertentu. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa mobil, liburan ke luar negeri, atau hadiah lain. Namun, hadiah tersebut hanyalah omong kosong belaka. Tidak semua anggota MLM yang memenuhi kualifikasi bisa mendapatkan hadiah tersebut. Jika hadiah tersebut hanya omong kosong tanpa bukti, bisnis MLM adalah bisnis yang mengandalkan multi lie (kebohongan bertingkat). Upline harus berbohong kepada korban baru dengan iming-iming hadiah.
o  MLM Tidak Bertahan Lama. Rata-rata, anggota MLM hanya mampu bertahan di bisnis ini selama 1-3 tahun. Mereka memutuskan diri untuk mundur karena bisnis ini dinilai sangat merugikan anggotanya. Jika downline paling bawah mundur dari bisnis MLM, dampaknya tidak terlalu besar. Namun, ketika upline memutuskan diri untuk pensiun dari bisnis MLM, semua downlinenya bisa kelimpungan.
o  MLM Mempunyai Citra Buruk, Kebanyakan orang menganggap bisnis ini sebagai bisnis tak jelas yang isinya hanya tipu-menipu. Jika bertanya kepada mantan anggota MLM, dia pasti bisa mengatakan berbagai keburukan bisnis ini yang mungkin tidak diketahui orang lain. Di Indonesia, para pebisnis MLM juga dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Mereka dinilai hanya sebagai pemimpi dan pembual yang kerjanya hanya mengoceh tak tentu arah.
o  MLM Menguntungkan Sedikit Orang dan Merugikan Banyak Orang, Dia bisa mengambil keuntungan dari downlinenya dengan leluasa. Sebaliknya, downline hanya akan terus diperas oleh upline. Downline hanya bisa mengubah nasibnya dengan mencari mangsa baru untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagian besar anggota MLM memang hanya diperas karena mereka harus membayar biaya pendaftaran yang memang cukup mahal dan belanja produk yang belum tentu ada manfaatnya.
o  MLM Membuat Orang Miskin Tambah Miskin, dia akan menderita kerugian besar karena harus membayar produk yang belum tentu ada manfaatnya. Keadaan bisa semakin parah jika dia masih terus menjadi downline paling bawah. Mendapatkan downline baru pun belum tentu bisa mengubah nasibnya. Akibatnya, kondisi keuangannya juga tidak berkembang sama sekali. Mungkin, biaya pendaftaran masih masuk akal, tetapi biaya tersebut bisa menjadi tak berguna jika tidak ada downline baru yang mau bergabung. 
o  Anggota MLM Agresif dan Suka Memaksa

USAHA BARANG DAN JASA PADA BENTUK-BENTUK PEMASARAN
1.    Pemasaran langsung
-       Apple
Apple berhasil melewati Microsoft dan menjadi perusahaan publik terbesar dalam sejarah. Padahal jauh sebelumnya orang mudah lupa dengan nama Apple, bahkan nama Apple tidak pernah ada. Kontribusi terbesar terhadap keberhasilan Apple adalah pemasaran yang hebat. Kita semua tahu, Steve Jobs merupakan sosok yang kreatif, dan pemasar yang cerdas.
-       Land’s End 
Land’s En berhasil sebagai  produsen pakaian di internet, terutama karena menampilkan model 3D virtual yang memungkinkan pelanggan “mencoba” pakaian sebelum memesan.
2.    Multi level marketing
-       Oriflame
Orieflame Tidak Sepenuhnya menerapkan sistem MLM, Mereka menggabungkan sistem direct selling dan MLM yang di gabungkan menjadi satu.tapi tentu saja secara garis besar untungnya sama seperti perusahaan multi level marketing lainya. jika sudah bergabung jadi member, kerjaan kita setiap hari itu merekrut orang untuk bergabung jadi member di jaringan kita. kemudian barulah kita masuk kepada menjual untuk memenuhi tutup poin. 
-       Sophie martin
Sophie Martin Indonesia didirikan atas nama PT Sophie Martin Indonesia, adalah anak perusahaan yang konsepnya Multi Level Marketing (MLM) yang beroperasi di Indonesia sejak 1994. Telah berpengalaman lebih dari 13 tahun Sophie Martin dan masih berdiri sampai saat ini di Indoneisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Jadi anda tidak perlu kuatir akan multi level marketing yang satu ini karena sophie martin sudah berpengalaman dan memang tidak pernah menipu. 


Sumber:


0 komentar:

Posting Komentar